sains in my dream

sains in my dream

Kamis, 18 Oktober 2012

Pabrik Tebu Bakal Hadir di Muna


Pabrik Tebu Bakal Hadir di Muna

Posted by Ery Gusman | Friday, 12 October 2012   

KENDARINEWS.COM (Raha): Kabupaten Muna kini menjadi salah satu Kabupaten, sasaran masuknya investasi di Sulawesi Tenggara. PT Wahana Surya Agro bakal menanam investasi gula di Muna. Bahkan termasuk membangun pabrik gula. Gubernur Sultra Nur Alam dan La Ode Ida, saat kunjungannya ke Muna akhir pekan lalu, turut serta membawa investor gula.
LM Baharuddin, Bupati Muna mengatakan, lahan yang dibutuhkan oleh PT Wahana Surya Agro untuk menanamkan investasi di Muna adalah 8 ribu hektar. "Lahannya 3 ribu hektar sudah siap. Sisannya tinggal menunggu penurunan status kawasan hutan menjadi APL, "ujarnya. Gubernur Nur Alam dan La Ode Ida, bersedia menfasilitasi penurunan status hutan di Kementerian Kehutanan.
      
"Insya Allah akan sukses. Lahan yang dibutuhkan sebetulnya bukan lagi hutan, meski masih berstatus hutan lindung. Kawasan itu yang akan kita turunkan dulu statusnya, "terang pasangan Ir Malik Ditu tersebut. Tahun ini, kata Bupati, PT Wahana Surya Agro bisa memanfaatkan dulu lahan 3 ribu hektar tersebut, untuk menanam tebu. Sembari menunggu turunnya izin dari Kementerian Kehutanan penurunan status lahan. "Ditahun 2013 sebenarnya sudah bisa membangun pabrik. Karena masa panen tebu enam bulan, "sambungnya.
      
Keseluruhan lahan yang akan dimanfaatkan, lanjut Bupati adalah 18 ribu hektar. Rinciannya 8 ribu hektar untuk lahan inti dan 10 ribu plasma, lahan masyarakat  yang ditanami tebu. Investasi PT Wahana
diperkirakan mencapai Rp 1,5 Triliuan, karena akan membangun pabrik di Muna. "Hasil produksi tebu, langsung diolah menjadi gula di Raha (pabrik red), "sebutnya. (awn)



Sumber: kendari pos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

boleh ji di copas filenya, asal dicoment jg :)